Rabu, 07 Juni 2017

Prakom A

Gambar terkait

Ini dia beberapa materi mata kuliah Prakom (Praktek Komputer), yang kurang lebih saya dapat dalam satu semester ini. Berikut adalah materinya:

1.     Pengoprasiaan Excel

Kalau tidak salah materi pertama yang diajarkan dalam mata kuliah Prakom ialah pengoprasiaan aplikasi microsoft Excel, oh iya kami diajarkan materi – materi dasar mengenai aplikasi tersebut. Seperti penggunaan rumus, fungsi, dan kegunannya. Dapat kita ketahui bahwa pengoprasian aplikasi Excel sangat diperlukaan dalam lingkup dunia kerja. Oleh karena itu mahasiswa wajib mengetahui dan mengoprasikan aplikasi Microsoft Excel dan sejenisnya.

2.     Penggunaan Rumus dalam Excel

Dalam aplikasi Excel terdapat banyak rumus yang dapat digunakan sebagai alat hitung. Contohnya rumus “SUM”, rumus tersebut digunakan sebagai alat hitung tambah dalam suatu angka. Kami mahasiswa diperkenalkan beberapa rumus yang biasa digunakan dalam dunia kerja untuk menghitung suatu variabel.

3.     Penggunaan rumus IF, HLOOKUP, VLOOKUP

Selanjutnya kami diajarkan menggunakan rumus IF, HLOOKUP dan VLOOKUP untuk menghitung data. Contohnya yang sering dipakai dalam dunia kerja adalah perhitungan jumlah pemasukan dan pengeluaran anggaran yang digunakan dalam perusahaan tersebut. Dan seperti Fungsi If dalam Excel biasanya digunakan dalam hal perhitungan pajak atas penghasilan (gaji – PPh 21).

4.     Mengetik cepat

Sehabis itu kami dilatih bagaimana caranya mengetik dengan cepat dengan bahasa Inggris. Hal tersebut menurut saya sangat membantu dalam dunia kerja mahasiswa mendatang.

5.     Blogging

Supaya mahasiswa tidak malas menulis, kami diajak kembali membuka blog kami yang dulu. Kemudian kami disuruh menulis apa saja yang berhubungan mengenai diri kami lalu mempostingnya dalam sebuah blog.


6.     Review Film

Mahasiswa diminta untuk Blogging kembali namun dengan tema yang sudah ditentukan yaitu membuat Review tentang sebuah film yaitu Six Shooter (2004) Martin McDonagh. Dan hasil review harus berupa bahasa Inggris dan dapat dibaca dalam postingan saya sebelumnya.

7.     Presentasi Tempat Wisata

         Dan yang terakhir yaitu membuat presentasi promosi tempat wisata menggunakan aplikasi Microsoft power point. Mahasiswa dituntut supaya berani berbicara didepan umum dan dapat membuat desain yang semenarik mungkin dalam presentasi tersebut supaya audien senang dan tertarik dengan hasil karya yang ditampilkan.

Mungkin itu saja yang dapat saya ingat dan saya sampaikan mengenai materi – materi mata kuliah Prakom dalam semester ini. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar