Rabu, 07 Juni 2017

3 Kemampuan Dasar Komputer yang Harus Anda Miliki Dalam Dunia Kerja

Kemampuan dalam menggunakan komputer sangat penting dalam dunia pekerjaan, hal tersebut dapat menunjang kantor atau perusahaan tersebut lebih maju. Untuk itu diperlukaan kehaliaan dalam menggunakan beberapa aplikasi yang berkaitan dengan lingkungan kerja tersebut. Ditambah di era globalisasi ini kita tidak boleh tertinggal dengan perkembangan teknologi yang ada. Kita harus meng-improve segala hal yang berkaitan dengan kemajuan teknologi. Dibawah ini adalah kemampuan dasar komputer yang harus anda kuasai dalam dunia kerja.

1.  Memahami Microsoft Excel Untuk Mengolah Suatu Data
 Hasil gambar untuk microsoft excel
Source picture : www.microsoft.com
Untuk mengolah suatu data, angka dan pembuatan laporan manual dalam perkantoran kita harus memahami betul aplikasi Microsoft Excel dan sejenisnya. Formula dasar di microsoft excel seperti IF, VLOOKUP, HLOOKUP serta pembuatan grafik mungkin merupakan hal yang dasar dan setidaknya anda bisa kuasai.
Contoh penggunaan formula dasar di Excel yang sering dipakai dalam dunia kerja adalah perhitungan jumlah pemasukan dan pengeluaran anggaran yang digunakan dalam perusahaan tersebut. Dan seperti Fungsi If dalam Excel biasanya digunakan dalam hal perhitungan pajak atas penghasilan (gaji – PPh 21).

2.   Dapat Membuat Surat Dengan Microsoft Word
Hasil gambar untuk microsoft word
Source picture : www.microsoft.com
Aplikasi ini identik mengenai hal surat-menyurat. Sudah pasti sangat diperlukan karena rata-rata jenis pekerjaan saat ini banyak yang menggunakan surat-menyurat, terlebih yang bekerja sebagai sekretaris. Jika anda melamar jadi sekretaris, keahlian menggunakan merge address adalah hal yang perlu kamu kuasai. Anda juga harus meningkatkan kecepatan anda dalam mengetik karena hat tersebut sangat diperlukaan dalam dunia kerja saat ini.

3.   Membuat Slide dengan Microsoft Powerpoint
Hasil gambar untuk microsoft power point
Source picture : www.microsoft.com
Aplikasi power point dalam lingkungan kerja biasanya digunakan untuk membuat slideshow dalam suatu presentasi. Aplikasi ini terbilang cukup sulit dari aplikasi sebelumnya karena biasanya terkait juga dengan Excel dan Word. Kita juga harus memahami betul bagaimana cara membuat slideshow yang menarik.

Jadi, dalam pandangan saya, mengerti komputer dalam hal menguasai microsoft office (Excel, Word dan Powerpoint), adalah keahlian yang harus dimiliki dalam dunia kerja  kita semua. Minimal requirement yang harus dicari dalam pekerjaan sekarang ini adalah mengerti aplikasi – aplikasi diatas. Kalau menurut anda, kemampuan komputer apa yang harus dibutuhkan dalam linkungan kerja?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar